Jumat, 11 Mei 2012

Diare bisa sebabkan Kelumpuhan

Diare jangan dianggap remeh. Diare yang disebabkan bakteri tertentu terkait dengan terpicunya Sindroma Guillain Barre (SGB). Penyakit tersebut dapat menyebabkan kelumpuhan.

SGB merupakan gangguan pada saraf tepi akibat antibodi yang berbalik menyerang tubuh seseorang. Penyakit tersebut ditandai antara lain dengan rasa kesemutan di tangan atau kaki yang kemudian bergerak ke bagian tubuh bagian atas. Jika tidak ditangani segera, SGB dapat menimbulkan kecacatan atau bahkan gangguan pada saluran pernafasan hingga berujung kematian.

Salah satu yang ditanyakan dokter kepada pasien SGB ialah riwayat infeksi saluran cerna yang ditandai dengan diare setidaknya dalam satu bulan belakangan, ujar Kepala Divisi Neurofisiologiu Klinik dan Penyakit Neuromuskular, Departemen Neurologi FKUI-RSCM, Jumat (13/4/2012).

Diare dapat disebabkan berbagai virus atau bakteri. Namun, bakteri yang telah diketahui terkait dengan SGB ialah bakteri C jejuni.. Hanya saja belum diketahui bagaimana infeksi tersebut menjadi pencetus SGB, tetapi diperkirakan karena adanya reaksi kekebalan tubuh yang kemudian berbalik menyerang tubuh, dalam hal ini sistem saraf.

"Karena itu, penyakit diare harus ditangani dengan baik dan tuntas" ujarnya. Dia mengatakan, jumlah kasus SGB terbilang kecil dalam populasi yakni sekitar 1-1,5 per 100.000 orang . Sekalipun jumlah kasus kecil, beban yang ditangung penderita dan keluarganya sangat berat karena perawatan lama, mahal, dan dapat timbul kecacatan.